Rabu, 21 Desember 2011

Positive Parenting

Selain memberi stimulasi tumbuh kembang pada anak balita, metode positive parenting juga memberi pengetahuan mengenai pola asuh yang tepat dan isu-isu pengasuhan kepada Ibu. sehingga Ibu memahami cara memberi dukungan dan bertingkah laku positif terhadap si buah hati.
ada lima prinsip positive parenting, yaitu :
  1. Lingkungan yang aman dan mendukung: merupakan langkah awal si buah hati untuk mengeksplorasi dunianya. sebagai orang tua, kita perlu mempersiapkan rumah dan lingkungan sekitar. tujuannya agar si buah hati aman dan bebas bereksplorasi, sehingga setiap aspek pertumbuhan dan perkembangannya terstimulasi dengan optimal
  2. Perhatian dan dukungan positif : di setiap tahapan tumbuh kembang, perhatian dan dukungan positif adalah langkah awal agar si buah hati percaya diri. pujian atau kata-kata positif yang memberi semangat, mampu memberi rasa percaya diri kepada anak. anak yang percaya diri, akan lebih mandiri dalam setiap langkahnya dikemudian hari.
  3. Menanamkan nilai-nilai postif dan kebiasaan : ini adalah langkah awal agar si buah hati memiliki rasa tanggung jawab. mulailah dengan memberi contoh positif dan sikap yang baik dan kesehariannya di rumah. misalnya : membiasakan si buah hati merapikan mainan di bantu oleh orang tua.
  4. Memahami tahapan tumbuh kembang anak : dan juga memberikan stimulasi sesuai kelebihannya, merupakan langkah awal bagi anak untuk tumbuh optimal dan siap menghadapi dunianya. setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. mengetahui tahapan perkembangan anak sesuai usia, menjadikan Ibu lebih siap dalam memberikan stimulasi yang tepat bagi si buah hati.
  5. Mengatasi stress : setiap orang tua memiliki masalah sendiri, baik itu masalah pekerjaan maupun keluarga. berilah waktu yang cukup untuk menyelesaikan setiap permasalahan, jadi ketika kembali memberi perhatian pada si buah hati, anda bisa tetap fokus dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

Tidak ada komentar: