Senin, 25 Oktober 2010

SKUL CHINNO




Sekarang Chinno di Purbalingga sudah sekolah n sepertinya sudah cocok n senang sekolah di skul nya yang sekarang. Alhamdulilah Chinno termasuk golongan anak yang mudah untuk beradaptasi di lingkungan baru. Terbukti baru beberapa saat Chinno menempati rumah baru, chino sudah mendapatkan teman, langsung main bersama. Tanpa ada rewel minta pulang ke wates atau menanyakan mbah putri. Padahal sebelumnya sempat khawatir, takut kalo chinno pake acara rewel. Hmm, Chinno memang putri kecil bunda yang pinter.
Di sekolah juga demikian mudahnya, alhamdulilah. Meskipun di minggu pertama latihan untuk ditinggal tanpa di tunggu harus pake mewek dulu. Tapi itu Cuma berlangsung Cuma beberapa hari saja. Selebihnya lancar.
Dulu sebelum pindah Purbalingga, Chinno sekolah Kelompok Bermain di Wates, namanya KB ALBHA. Sebenarnya chino juga sudah mulai beradaptasi n nyaman d sekolah ALBHA, tapi keadaan yang mengharuskan kami semua pindah. Hari-hari chinno sempat kosong selama 3 bulan, di rumah aja belajar sama bunda. Padahal sebenarnya chinno udah bĂȘte cuma menghabiskan waktu di rumah, udah pengen sekolah lagi, hamper tiap hari main sekolah-sekolahan sm bunda. Karena Cuma berdua tok sama bunda di rumah, bawaannya jadi ribut terus sama bunda, ayah chinno sampe bilang “ ne kakak adek pada ribut aja tiap hari.”hehehe. Bunda nya juga ga mau ngalah sii sama chinno.
And now, chinno was found her world again. Kata Bu Guru Imel waktu terima raport kemaren, untuk anak seusia chinno, chinno termasuk pinter..deugh bangganya.wkk
Bunda juga merasakan perkembangan chinno selama 3 bulaan terakhir ini. Banyak perkembangan di sisi positif maupun negative. Ibarat spongebob (si tokoh kartun sponge) semua muanya yang chinno lihat, dengar dan rasakan chinno serap semuanya. Ibaratnya belum punya saringannya untuk membedakan yang baik dan buruk. Belum bias memilah-milah perilaku mana yang baik untukku n mana yang tidak.
Di sisi positifnya, perkembangan kosakatanya pesat. Alhamdulilah. Makin pinter merangkai kata menjadi satu kalimat Tanya, seru n berita. Perkembangan pengenala warna dan bentuk. Paling tidak sudah ada sekitar 8 warna yang sudah chinno pahami, yaitu Merah, kuning, jingga, ungu, hitam, hijau, biru, putih, coklat. Bentuk yang sudah chinno benar-benar paham yaitu persegi panjang, segitiga, lingkaran, sabit, persegi. Belah ketupat kadang ingat kadang lupa.. untuk menggambar,, yang semula hanya coret-coretan tak beraturan, sekarang sudah mulai ada bentuknya. Meski banyak bentuk bulad lingkarannya. Tapi bunda beberapa kali mendapati gambar chinno sudah membentuk jadi orang, pohon, ada yang bendera (versi chinno) kalo versi bunda kayak orang berambut panjang. He. Meski masih acak adul gitu.



kata chinno ini gambar bendera




Mewarnai gambar juga udah sudah banyak kemajuan, yang dulu masih ngawur, gambarnya di warnai dengan satu warna full halaman.. sak halaman warnanya sama semua, tebal pula warnanya. Jadi gambar asline malah ga Nampak sama sekali. Sekarang yang di warnai hanya gambarnya saja, tidak keluar garis, Cuma masih belum bisa membedakan kalo baju, kulit tubuh, sepatu or rambut itu warnanya beda-beda, jadi semua nya warnanya masih sama. Tapi sudah tidak setebal dulu, sekarang lebih terarah. ini gambar orang

Untuk nulis,, masih jauuhh… belumm bisa sama sekali. Kata apapun, huruf apapun, angka apapun selalu chinno tulis dengan bentuk lingkaran di jejer-jejer keik kereta api… deugh nak,,tapi bunda tetep bangga koo..he. setiap nulis selalu di barengi dengan ucapan mengeja. Tapi hasil ejaan lisannya sama bentuk tulisannya,,jauuuhhh…wkwkwkwk
Hafalan do’a chinno sudah semakin banyak. Bahkan do’a yang bunda belom ajarin chinno udah bisa duluan (di ajarin di sekolah, thanks for her teach)..
Alfatihah yang sebelumnya udah hafal meski lafadz nya masih cedal n agak ngawur, sekarang sudah semakin bagus lafadznya. Do’a sebelum n setelah makan plus artinya, akan n bangun tidur, masuk kamar mandi, do’a utk bapak ibu, dunia akherat, do’a mohon petunjuk, dll. Terkadang kalo di minta doa,, kalo lagi aga lupa lafadznya gitu,,chinno pasti bilang,” Bunda aku ga tauk”. Kalo udah gitu pasti udah mogok ga mau di koreksi ga mau melanjutkan lagi.
Kalo ngapalin lagu cepet banget, pa lagi yang di iklan tv,,weee langsung.
Yag udah chinno hafal, iklan lagu Yamaha, sosis so nice sinta n jojo, tissue basah mittu, iklan rbt nya Melinda (cinta satu malam), keong racun, haduuhh.dll.
Lagunya ST 12, ungu , d bagindas (cinta), kalo lagu anak-anak udah banyak sekali yang hafal. Chinno sampe bosan nyanyi na. sekarang lagi seneng nyanyiin lagu dewasa. Kata ayahnya sii ga papa. Yang penting nada nya benar, toh chinno belom paham makna liriknya. Bunda sii hayuuh aja, meski sedikit cemas juga.
Negatifnya,,,deugh ini nih yang bikin ayah n bunda sewot terus tiap hari,, nahan emosi lantaran perilaku chinno yang terkadang ga beraturan.
Permasalahan pokok yang belum teratasi hingga saat ini :
1. Chinno suka memukul temannya
2. Kurang bisa mengendalikan emosi, mudah marah
3. Meludahi orang
4. Kalo orang jawa bilang, “sakdetsaknyet”
5. Suka teriak-teriak, “apa” dengan nada ketus
6. Terkadang omongannya kasar.

Bunda n ayah sedang berusaha untuk memperbaiki perilaku chinno itu. Semoga lancar n berhasil.
Lagi di hipnoterapi. ammiiin

Tidak ada komentar: